HOME
Home » Bisnis » Contoh Proposal Bisnis Mudah

Contoh Proposal Bisnis Mudah

Posted at August 30th, 2022 | Categorised in Bisnis
Contoh Proposal Bisnis Mudah

Contoh Proposal Bisnis Mudah

Proposal bisnis adalah dokumen yang dibuat oleh pengusaha dengan menguraikan semua elemen yang relevan dari rencana bisnis baru yang ingin dia buat. Semua elemen tercakup dalam proposal ini, mulai dari internal hingga eksternal. Sehingga contoh proposal bisnis sangat diperlukan sebagai rujukan bagi Anda yang hendak memulai bisnis.

Proposal bisnis Anda kepada investor dan investor harus realistis. Dengan cara ini, investor tidak ragu dengan tawaran yang diajukan. Juga, proposal bisnis tidak boleh merupakan hasil menyalin atau meniru proposal lain yang sudah ada.

Isi Proposal Bisnis

Beberapa hal yang tertulis dalam contoh proposal bisnis adalah strategi dan tujuan. Tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapai atau tujuan, dan strategi adalah tindakan atau rencana untuk mencapai tujuan bisnis.

Contoh proposal bisnis antara lain proposal memasak, proposal real estate, dan lain sebagainya. Mengembangkan proposisi bisnis dapat meningkatkan potensi bisnis Anda sehingga dapat berkembang dan berhasil.

Sama seperti rumah, konstruksi yang tidak direncanakan dengan baik dapat menyebabkan hasil yang kurang sempurna atau bahkan kegagalan yang membawa malapetaka. Nah, itu juga berlaku jika Anda ingin memulai bisnis baru.

Anda perlu merancang model bisnis Anda, mengetahui keadaan industri Anda saat ini, potensi pasarnya, strategi pemasaran Anda untuk produk Anda ke konsumen, dan banyak lagi. Jika fondasinya tidak kokoh, perusahaan akan mudah terlibat dalam berbagai masalah dan akhirnya bangkrut.

Mengapa Anda membutuhkan proposal bisnis

  1. Konfirmasi kelayakan rencana dan ide bisnis

 

Alasan pertama proposal bisnis penting adalah memungkinkan Anda menguji kelayakan rencana bisnis atau ide bisnis Anda. Melalui proposal, baik pengusaha maupun investor dapat mempertahankan ide bisnis mereka.

 

Serta menentukan apakah ide tersebut layak untuk diterapkan. Dengan begitu, Anda tidak membuang waktu, uang, dan tenaga untuk membuat rencana bisnis yang salah yang tidak sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda.

 

Selain itu, proposal usaha juga berfungsi sebagai pengaman agar kegiatan usaha tidak menyimpang dari rencana. Namun demikian, para pelaku usaha harus melakukan berbagai penyesuaian agar usahanya dapat berjalan lebih baik dan berkembang sesuai rencana.

 

Proposal bisnis juga memfasilitasi penelitian industri target perusahaan untuk memaksimalkan potensi keuntungan.

 

  1. Buat rencana bisnis yang efektif dan mudah dikelola

 

Terkait dengan alasan sebelumnya, membuat proposal bisnis akan membantu rencana bisnis Anda untuk dieksekusi secara efektif dan lebih mudah untuk dipertahankan. Padahal, rencana bisnis ini penting tidak hanya untuk startup, tetapi juga untuk perusahaan yang sudah lama berdiri dan yang sudah lama berdiri.

 

Sektor ekonomi tentunya akan mengalami perubahan yang dinamis, sehingga memerlukan adaptasi rencana bisnis yang berkesinambungan. Saran memungkinkan pelaku bisnis untuk melihat tujuan yang dicapai sejauh ini.

 

Perbaikan dan perubahan yang diperlukan untuk perusahaan, dan banyak lagi. Oleh karena itu, proposal bisnis dapat menjadi landasan dan panduan untuk pengembangan bisnis di masa depan.

 

  1. Pengaturan dan pengamanan dana

 

Sebuah bisnis tidak akan ada tanpa modal. Ini seringkali merupakan jumlah yang signifikan dan memerlukan pedoman untuk mengelola dan melindungi keuangan perusahaan. Anda dapat melakukannya dengan melakukan saran ini.

Contoh Proposal Bisnis

  1. Judul Proposal: Keripik Ubi Coklat “Mak nyus”
  2. Profil dan tujuan

Profil

Mak Nyus adalah sebuah brand lokal cemilan yang telah dikembangkan oleh generasi muda Gresik dengan mengangkat bahan makanan ubi yang sebelumnya adalah makanan tradisional menjadi makanan hits yang di gemari semua orang.

Brand ini nantinya akan ditawarkan ke dalam pasaran luas dengan menggunakan buah umbi-umbian ubi sebagai bahan utamanya. Produk ini adalah sebuah inovasi yang terbaru yang nantinya tentu akan dikembangkan lebih lanjut lagi terkait dari variasi rasa dan lain sebagainya. Makanan ini juga nantinya akan memiliki sebuah target di berbagai kalangan.

Tujuan

Tujuan dari usaha makanan ini adalah menawarkan sesuatu pengembangan yang baru di bidang bisnis makanan. Tujuan pembukaan bisnis ini dimaksudkan untuyk mengurangi pengangguran dan membuat ubi sebagai makanan tradisional tetap eksis.

  1. Pemasaran

Target pasar

Target pasar yang nantinya dibidik oleh usaha makanan ini tentunya masyarakat yang ada di sekitar usaha ini, bisa sekolahan hingga pada warung-warung kecil.

Positioning

Positioning sendiri dalam bisnis diperlukan agar peminat pasar nantinya tidak bosan dan tentunya disesuaikan dengan keinginan yang ada di pasar. Inovasi yang dilakukan kedepannya adalah dengan menambahkan variasi rasa ataupun topping-nya.

  1. Analisis SWOT

Strength (kekuatan)

Makanan ini adalah makanan tradisional yang banayk mengandung karbohidrat sehingga mengenyangkan. Kualitas produk yang diberikan juga sangat tinggi dengan adanya kandungan nutrisi yang beragam di dalam ubi tersebut.

Weakness (kelemahan)

Kelemahan dari produk ini adalah tidak dapat bertahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Kemudian, bahan baku yang digunakan juga kurang stabil pada musim tertentu dan hal tersebut akan mempengaruhi produksi.

Opportunity (peluang)

Karena Maknyus selalu memberikan inovasi terbaik jadi kemungkinan pasar masih belum ada dan baru sedikit orang juga yang memanfaatkan ubi ini dengan kemasan baru dan harga yang murah.

Threat (ancaman)

Ancaman bisa didapatkan dari segi bahan baku yang kapan saja bisa naik secara drastis ketika bukan musim panen atau ketika ada petani yang mengalami masa gagal panen. Munculnya kompetitor yang baru yang ternyata juga menjual barang sama dengan harga yang lebih murah.

  1. Manajemen produksi
  • Kegiatan produksi

Kegiatan awal dari produksi ini adalah dengan mulai mengembangkan ide yang berguna terus untuk kedepannya serta dapat terjun langsung ke lapangan sehingga mengetahui produk seperti apa sih yang diinginkan oleh konsumen.

Proses produksi ini juga dilakukan dengan cara menerapkan asas produksi yang berjalan secara higienis, berkualitas sehingga mendapatkan sebuah kepercayaan langsung dari konsumen.

Kemudian, melakukan pencatatan pada keuangan Anda dengan baik, mulai dari berapa pemasukan dana hingga pada berapa pengeluaran dana secara rinci dalam setiap harinya, bulannya, dan bahkan tahunnya.

  • Penggunaan bahan baku

Ubi Jalar = 20 kg x @3.000 = Rp60.000,00

Tepung Tapioka = 2 kg x @5.000 = Rp10.000,00

Gula Merah = 1 kg x @10.000 = Rp10.000,00

Kacang = 1 kg x @15.000 = Rp15.000,00

Garam = 1 pcs x @2.000 = Rp2.000,00

Batang Coklat = 5 pcs x @10.000 = Rp50.000,00

Total = Rp147.000,00

  • Daftar peralatan yang dibutuhkan

Nampan 1 pcs

Baskom besar 2 pcs

Pisau 2 pcs

Wajan 2 pcs

  • Biaya operasional

Transportasi = Rp50.000,00

Gas = Rp20.000,00

Total = Rp70.000,00

  • Proses pembuatan

Siapkan alat dan juga bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah tertulis diatas.

Kupaslah ubi, cuci bersih.

Potong tipis-tipis ubi

Tambahkanlah bumbu seperti garam dan juga bahan lain seperti tepung tapioka agar tidak legket satu sama lain.

Siapkanlah wajan dan juga tuangkan minyak secukupnya, gunakanlah api yang sedang untuk dapat menggorengnya. Angkatlah jika sudah berwarna kecoklatan atau kuning keemasan.

Sajikan dengan Coklat sebagai toppingnya.

  1. Rencana anggaran

Estimasi pengeluaran

Modal awal yang harus dikeluarkan untuk sekali produksi sebesar Rp307.500,00.

Adapun perinciannya:

= bahan baku + perlengkapan lain + operasional

= Rp147.000,00 + Rp70.000,00

= Rp217.000,00

Dengan modal awal sebesar Rp217.000,00, dapat ditargetkan dapat memproduksi mencapai 100 pcs atau lebih.

Menetapkan harga jual

 

Harga satuan produksi

= total pengeluaran : hasil produksi

= Rp217.000,00 : 100

= Rp2.170,00 / pcs

 

Harga jual

= harga satuan + laba yang diinginkan

= Rp2.170,00 + Rp2.000,00

= Rp4.170,00

Jadi Harga Jualnya Rp4.170,00

Jadi diatas adalah contoh proposal bisnis yang bisa Anda gunakan sebagia referensi untuk Anda yang hendak membuat sebuah usaha sendiri. Pastikan Anda memiliki suatu ilmu atau pengetahuan terkait bisnis agar usaha yang Anda buka akan tetap berkembang besar kedepannya.

 

Tags :

Related Post to Contoh Proposal Bisnis Mudah

Contoh Invoice Pembayaran

Contoh Invoice Pembayaran

Posted at 16/11/2022

Contoh invoice pembayaran ini dapat digunakan sebagai panduan sederhana bagi Anda yang bekerja dalam bisnis atau jual beli. Faktur atau Contoh tagihan pembayaran disebut... Read More

Cara Dapatkan Cashback Rebate FBS Broker

Cara Dapatkan Cashback Rebate FBS Broker

Posted at 12/11/2022

Cara Dapatkan Cashback Rebate FBS Broker – Merupakan program dari fbs trade yang membuat kamu dapatkan uang tambahan dari perdagangan produk. Caranya cukup dengan... Read More

saham go to hari ini

Sentuh Rp416 Awal Listing, Harga Saham GOTO Hari Ini Anjlok Sampai Setengahnya

Posted at 03/11/2022

Harga Saham GOTO Hari Harga Saham GOTO Hari  – Saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) yang pernah sentuh Rp416 dan ditutup pada Rp382 di harga... Read More

Cara Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Posted at 09/10/2022

Dalam keadaan yang tidak menentu ini, sudah banyak orang yang mencari cara memulai bisnis online. Ada berbagai cara untuk menjangkau pelanggan secara digital. Pada... Read More

Contoh Model Bisnis Canvas

Contoh Model Bisnis Canvas

Posted at 09/10/2022

Model bisnis canvas adalah salah satu jenis bisnis yang banyak digunakan perusahaan besar. Di perusahaan, apa pun, ada orang yang bekerja untuk layanan bisnis... Read More